Mau Sewakan Apartemen? Hati-hati Dengan Tindakan Kejahatan Ini

Ketika kita memiliki apartemen untuk dijadikan investasi tentu merupakan hal yang cukup menyenangkan, terlebih ketika ada seseorang yang berniat untuk menyewa apartemen tersebut unutk jangka waktu yang cukup panjang.

Namun sayangnya para pelaku tindakan kriminal ini semakin menjadi-jadi, karena sewa apartemen saja bisa dijadikan salah satu lahan para pelaku tindakan kejahatan untuk melakukan aksinya, bagai manca caranya?


Terjadi banyak kasus pencurian di tiga tahun belakang ini, dimana ada orang yang berpura-pura akan menyewa apartemen namun dengan berbagai macam alasan mereka tidak membayarkan uang sewanya terlebih dahulu, misal dengan alasan “berikan saja dulu kuncinya, karena saya harus cepat-cepat memindahkan barang dari hotel menuju apartemen, nanti uang di transfer ketika barang sudah di apartemen” dan sayangnya masih banyak juga orang yang terkena modus ini, yang dimana kemudian si penyewa menggasak habis berbagai macam barang berharga yang berada di apartemen tersebut.

Hal tersebut juga bisa terjadi karena kuran baiknya sistem keamanan di apartemen tersebut, sehingga tidak ada pemeriksaan yang cukup baik, selain itu kejahatan seperti ini juga bisa terjadi karena kita sebagai penyewa lalai dan percaya begitu saja.

Untuk menghindari hal tersebut, ada baiknya kamu melakukan berbagai tips berikut ini:
  1. Tidak memberikan kunci sebelum penyewa membayar uang sewa
  2. Meminta foto copy ktp ang berlaku
  3. Memberikan informasi kepada petugas keamanan setempat bahwa apartemen kamu sedang di sewakan.
  4. Memberi tahukan juga kepada tetangga di apartemen bahwa apartemen kamu sedang disewakan.
  5. Jangan simpan barang-barang yang terlalu mewah di apartemen yang akan kamu sewakan, jadi jika memang kamu akan menyewakan apartemen tersebut, berikanlah fasilitas yang tidak terlalu mewah. 
Tindakan kejahatan ini memang cukup membingungkan, dimana terkadang kita pemilik apartemen ingin memberikan service yang terbaik dengan cara ramah pada calon penyewa, dan memberikan berbagai macam fasilitas yang menarik di apartemen kamu.

Untuk itu selalu berhati-hatilah ketika kamu akan meenjalankan bisnis ini, ada baiknya juga jika para pemiliki apartemen kompak untuk membuat rukun tangga di apartemen tersebut, jadi bisa saling memperhatikan ketika memang ada penghuni asing di apartemen tersebut.

Selain itu usahakanlah untuk selalu berkomunikasi baik dengan para petugas keamanan di wilayah apartemen kamu, sehingga dengan begitu para petugaspun aka lebih memperhatikan keamanan di apartemen kamu, namun jika memang para petugas tidak bisa di andalkan, ada baiknya juga kamu bersama para investor apartemen lainnya untuk berbicara pada pengelola apartemen dan meminta peningkatan sistem keamanan di apartemen tersebut, misal seperti dari kinerja petugas keamanannya sendiri, atau pemasangan CCTV yang cukup baik.